Tuesday 19 March 2019

Segenggam Harap Untuk RCO

| |



Perjalanan RCO kali ini sudah sampai level lima. Itu artinya perjalanan kita sudah hampir sampai di penghujung cerita. Tidak terasa, level demi level sudah ditapaki dan tugas demi tugas dipenuhi. Apa yang akan terjadi setelah ini? Apakah lima level yang berlalu sudah cukup menumbuhkan kebiasaan membaca dan menelaah kata? Atau ‘pemaksaan’ ini perlu dilanjutkan agar budaya baca semakin menggurita dalam kehidupan masyarakat kita?

Semoga kita sepakat, bahwa membaca adalah salah satu pilar penting dalam kemajuan sebuah bangsa. Fakta bahwa di negara-negara maju, masyarakatnya doyan membaca adalah bukti efektifitas budaya baca patut menjadi salah satu pemicu kemajuan negara. Kenapa? Karena ilmu adalah jendela dunia. Bukan hanya dalam bentuk buku. Kemajuan zaman menjadikan ilmu tidak hanya terpampang lewat buku. Ada banyak sarana lain yang bisa kita ‘baca’ setiap waktu. Dengan banyak membaca, seseorang akan banyak tahu. Rasa ingin tahu yang tinggi kemudian terpenuhi akan memicu karya-karya lahir, sehingga dalam skala besar, penemuan demi penemuan terus bermunculan.

Apa hubungannya dengan RCO? Sejauh ini, RCO atau Reading Challenge ODOP adalah satu event yang bertujuan memacu minat baca anggota salah satu komunitas penulis di Indonesia, ODOP (One Day One Post). Tantangan untuk membaca tema tertentu dengan jumlah minimal halaman yang harus dibaca berhasil menumbuhkan minat baca sekaligus menyingkirkan mereka yang tidak sanggup bertahan. Ya, karena di setiap kenaikan level, mereka yang tidak berhasil memenuhi target bacaan harus merelakan diri untuk tidak mengikuti level selanjutnya. Apakah cara ini efektif menumbuhkan minat baca? Ya.

Sistem laporan dan rekap yang lebih rapi sudah dijalankan. Kerja keras duo krucil sebagai admin kali ini luar biasa meski salah satu diantara mereka harus mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional di sekolah. Semoga sukses, Sovia. Namun tentu kita tidak bisa berhenti dan puas dengan apa yang sudah dicapai. RCO yang berlangsung beberapa level dalam beberapa pekan ini kedepan harus lebih luas manfaatnya, lebih berkesan, dan benar-benar menjaga minat baca anggota. Jangan sampai minat baca peserta hanya meluap ketika program berlangsung setelah itu tenggelam dalam aktivitas lain dan mengabaikan bahan bacaan.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Beberapa hal yang mungkin bisa diterapkan pada RCO berikutnya adalah:
1.    
1. 1. Tantangan jumlah halaman yang dibaca bisa ditambah tanpa batasan tema. Bagaimanapun statistik minat baca diukur -salah satunya- dengan jumlah halaman dan buku yang dibaca. Bukan bagaimana cara atau teknik membacanya.
2
    2.  Masukkan jurnal ilmiah sebagai salah satu tema tantangan. Kita pasti sepakat, para penulis fiksi harus memiliki atau setidaknya menguasai data ilmiah ketika mewujudkan karya yang penuh imajinasi. Apalagi penulis non fiksi, dengan membaca jurnal (terutama yang terindeks internasional) akan sangat membantu mewjudkan karya yang lebih luar biasa nantinya.

33. Sekali-kali, mungkin bisa diadakan RCO Road Show Online, nantangin baca teman-teman di luar ODOP. Nggak perlu lama-lama, sih. Anggaplah sebagai bentuk kampanye membaca di dunia maya. Mereka tidak perlu group baru di WA, hanya perlu diberi link laporan selama 3 hari atau maksimal 1 pekan, dengan reward yang bisa disediakan panitia. Hehehe, ya sekaligus kampanye (mumpung musim pemilu) tentang ODOP, meluaskan manfaat komunitas ini, sekaligus menjaring minat para calon penulis untuk bergabung nanti. Bisa juga dianggap sebagai sounding pre open recruitment. *Istilah apa pula ini? Haha..

Udah ya, cukup tiga aja, itu juga kalau dilaksanakan udah cukup buat nambahin kerjaan panitia. Hehehe…

Selamat dan sukses selalu, RCO. Sampai jumpa di penyelenggaraan even berikutnya. 

4 comments:

Lutfi Yulianto said...

Dari dulu kepikiran saran yang ketiga ini, Mbk ... semoga ada pj yg siap melaksanakannya ...

Unknown said...

Saran yang keren

Sovia Triana Anggurela said...

Semoga PJ selanjutnya bisa menjalankan, Mbak 🤩

Sakif said...

aamiiin...

Post a Comment

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Search This Blog

Powered by Blogger.
 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©