Sunday 15 September 2019

Pentol, Bakso Atau Cilok?

| |




Penggemar kuliner dan jajanan sederhana pasti tidak asing. Di Jawa Timur, hampir setiap jalan di kota mudah menemukan pejual pentol. Ada pentol puyuh, pentol tahu, juga somay yang dijajakan menggunakan kotak kayu di belakang sepeda/motor. Di tengah kotak tersebut terdapat panci, panas. Otomatis dibawahnya dipasang kompor dan gas untuk menjaga suhu pentol tetap panas.

Sementara di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, dan sekitarnya sering terdapat abang penjual cilok mangkal, atau keliling kampung. Harga paling umum adalah Rp.1000/butir, bisa ditambah saus kacang, saus tomat, kecap, dan sambal. Gerobak kecil tempat menjajakn cilok juga dipasang panci panas, sama seperti penjual pentol.

Lain cilok, lain pentol, lain pula bakso. Makanan ini disajikan lebih lengkap, beserta kuah, mie, daun bawang, seledri, bahkan tahu dan kadang pangsit goreng lengkap dengan bawang goreng sebagai taburan. Dimakan saat hujan atau malam menjelang, ditambah sambal, saus dan kecap, ah siapa yang mampu menolak?

Beberapa waktu terakhir ini saat berkunjung ke tempat wisata, saya sering menemui stand penjual pentol setan. Satu kuali besar pentol dimasak campur dengan entah berapa kilogram cabe rawit dan merah, sehingga menerbitkan air liur siapapun yang memandangnya, apalagi didukung dengan aromanya yang menggoda selera.

Pesona jajanan berbentuk bulat kecil ini memang seolah tak pernah pudar. Di kota, desa, bahkan mall dan perkampungan, penjualnya seperti tidak kehabisan pembeli. Secara bentuk, tidak ada perbedaan signifikan antara ketiganya. Namun soal rasa, tentu saja jauh berbeda. Apa yang membuat ketiganya berbeda? Setidaknya ada 3 hal yang membuatnya berbeda:

1.       Pentol dibuat dari campuran terigu, tapioca dan sedikit sekali daging, bisa daging sapi atau ayam. Komposisi tepung terigu yang dominan membuatnya tidak terlalu kenyal, campuran daging mendukung rasa gurih dan nikmat. Apalagi ditambah dengan isian telur puyuh, semakin nikmat rasanya. Ketika dimasukkan dalam potongan tahu juga nikmat, dicampur dengan saus sambal, kacang, dan kecap, bisa meredakan lapar sekaligus menunda makan berat.

2.       Cilok dibuat dari campuran tapioca, sagu, dan sedikit terigu. Komposisi sagud an tapioca yang dominan membuat tekstur cilok cenderung lebih kenyal dan alot daripada pentol. Namun karena ini adalah jajanan yang banyak beredar di tanah sunda, Jakarta dan sekitarnya, tetap memiliki tempat istimewa di hati penggemarnya

3.       Bakso, dibuat dari campuran terigu, sedikit tapioca, es batu, daging, dan bumbu. Setiap orang Indonesia pasti tidak asing dengan makanan ini. bahkan sudah terkenal di luar negeri, disebut meatball.karena bentuknya yang menyerupai bola. Bahkan makanan ini banyak diolah kemudian dibekukan agar dapat disimpan dalam waktu lama. Saat ini muncul banyak varian bakso, ada yang diisi keju, telur, berbentuk besar, tanda cinta, kotak, dan sebagainya.

Selain direbus, kemudian dikukus sebelum menikmatinya bersama berbagai macam saus, pentol atau bakso juga bisa dibakar bersama bumbu. Rasanya? Mirip, hanya bertambah nikmat dengan sensasi asap.

Kalau kamu, suka yang mana?

16 comments:

Nur Ramadara Kazain said...

Aku Bakso dong kak

Dwi said...

aku tim makan apa aja yang penting enak hehe.

IkaRatna said...

Kak Sakifah sama-sama food lovers kayaknya nih ๐Ÿ˜Š

Chairul Sinaga said...

Makanan favorit. Makanan rakyat yang sekalipun sederhana namun punya cita rasa tersendiri. Ehe...

Akep.id said...

Semua masuk lah, dasar doyan ya

Riana said...

Wah, cilok mah jualanku kalau di rumah๐Ÿ˜‚, selain bahan2nya murmer, hasilnya juga banyak.

nyittt said...

Aku suka semuaaaa...saya terima kalo ditawari semua ini mba ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

muhammad syaifuddin said...

baksooooo

Han said...

Suka tiga tiga nyaaa ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Dewie dean said...

Jadi pengen beli bakso kojek

Retno JUmirah said...

dan akuhhh laperrrr doyan ke tiga-tiganya yummyyyy
Rasanya emang khasss bangettt

Dessi Rahma said...

Suka semua gak ada salahnya kan Kak? ๐Ÿ˜

lilisodiah said...

Aku mau ciloknya

Herlin Herliansah said...

Saya penggemar semuanya wkwkwkwk

Tulisan Mak Panda said...

Suka semuanya mbak... wkwkwkwk jajan murah meriah mantul... ๐Ÿฅฐ

Vera Priati Amalia said...

Terimakasih sudah meningkatkan sedikit nafsu makanku yg hilang ๐Ÿ˜

Post a Comment

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Search This Blog

Powered by Blogger.
 

Designed by: Compartidรญsimo
Images by: DeliciousScraps©