Friday 3 January 2020

Akan Kemanakah ODOP 2020?

| |




Hari ketiga di Tahun 2020, Alhamdulillah sudah ada beberapa anggota ODOP yang siap menjadi pengurus. Kemarin sudah saya sampaikan beberapa tim yang akan membersamai ODOP selama 2020. Namun belum semua tim tersebut terisi penuh. Berikut rancangan tim yang membutuhkan bantuan teman-teman:

1. Panitia Kopdar 2020 ==> rencana sebelumnya, untuk kopdar 2020 di Bandung. Semoga ada teman-teman di sana yang berkenan menjadi koordinator. Atau misal ada teman daerah lain yang siap menggalang tim panitia, tempat kopdar 2020 bisa diganti.
2. Tim Kurikulum ODOP ==> Bertugas menyusun kurikulum ODOP. Rencananya, soal ini biar dipikir para senior. Tidak butuh banyak tenaga untuk tim ini, tapi semoga para senior berkenan mengeksekusi hingga selesai dan bisa dipakai nanti untuk Batch 8.
3. Tim Rekrutmen 2020 ==> Kita butuh tim besar yang akan bertugas dan mengawal penyambutan anggota keluarga baru nanti. Tugas utamanya tentu mengatur timeline, dan mendampingi pelaksanaan dari awal hingga selesai. Untuk materi dan pemateri insya Allah dibantu oleh teman-teman dari tim fiksi dan non fiksi.
4. Tim Fiksi ==> Tim ini tidak jauh berbeda dengan periode sebelumnya. Bertugas menyiapkan materi dan pemateri fiksi. Bedanya untuk tahun ini mungkin perlu menyiapkan tantangan setiap sebulan sekali dan satu pemateri untuk satu bulan, menyelenggarakan satu kelas diskusi setiap satu bulan sekali untuk membahas tentang perkembangan dunia literasi fiksi, apa yang baru, apa yang sudah perlu ditinggalkan, mengisi semangat literasi, berdiskusi, dan sebagainya. Pemateri bisa dari luar.
5. Tim Non Fiksi ==> Tim ini tidak jauh berbeda dengan periode sebelumnya. Bertugas menyiapkan materi dan pemateri non-fiksi, termasuk soal PUEBI. Bedanya untuk tahun ini mungkin perlu menyiapkan tantangan setiap sebulan sekali dan satu pemateri untuk satu bulan, menyelenggarakan satu kelas diskusi setiap satu bulan sekali untuk membahas tentang perkembangan dunia literasi non fiksi, mengisi semangat literasi, berdiskusi, dan sebagainya. Pemateri bisa dari luar.
6. Tim Blogger ==> selain menumbuhkan semangat One Day One Post kembali, tim ini bertugas menyelenggarakan satu kelas diskusi setiap satu bulan sekali untuk membahas tentang blog dan custom, semoga keberadaan tim ini bisa mengantar teman-teman blogger dan blogger wannabe mengoptimasikan blog nya.
7. Tim Penggerak ODOP Membaca ==> Tim ini akan menjadi trigger agar teman-teman semakin suka membaca, dengan cara sharing bacaan, diskusi, menyelenggarakan tantangan membaca, dan sebagainya. Modal menjadi penulis yang baik adalah menjadi pembaca yang baik, kan? Nah, ODOP 2020 kita ajak untuk semangat membaca.
8. Tim Media ==> Akan mendampingi teman-teman di kelas OTM, mengoptimalisasi web dan akun media sosial ODOP.
9. Bendahara ==> Bertugas mencatat pemasukan dan pengeluaran. Semoga dengan catatan dan koordinasi yang baik, keuangan ODOP dapat diatur dan dikembangkan supaya, minimal kalau ada event butuh dana tidak bingung harus bagaimana. Hehe..

Tidak ada lagi posisi sekretaris. Masing-masing ketua dari tim tersebut akan memilih sendiri anggota timnya, mengangkat sekretaris untuk membantu dokumentasi dan pertanggungjawaban pelaksanaan agenda. Jika diperlukan, bisa mengangkat bendahara kegiatan, dengan laporan terpusat nanti tetap di satu bendahara. Kasihan kalau saya siapkan satu sekretaris, nanti harus memantau banyak sekali agenda, mendokumentasikannya, sampai buat laporan pertanggungjawaban. Biar banyak yang kebagian kerjaan, semoga lebih ringan buat semuanya, ya?
Sampai hari ini, beberapa posisi yang sudah terisi adalah:

1. Panitia Kopdar, Insya Allah akan dipimpin Aa Gilang dan istrinya, Teteh Ciani Limaran. Panitia ini butuh bantuan dari teman-teman di Bandung dan sekitarnya. Bagi yang domisili sekitar Bandung, bersiaplah untuk mereka hubungi, semoga bisa saling bantu.

2. Tim Kurikulum, insya Allah akan dipimpin Cak Heru. Saya belum tahu pasti anggotanya siapa saja nanti. Mungkin beliau sedang menyusun rencana untuk menyelesaikan amanah ini.

3. Tim rekrutmen, sudah ada setidaknya 3 nama yang masuk dalam tim ini. Saya belum tahu pasti siapa yang akan memimpin tim rekrutmen. Kita putuskan dalam rapat pengurus nanti, ya.

4. Tim Penggerak ODOP membaca, ini juga sudah ada beberapa nama, nanti kita bahas konsep dan kelanjutan program yang akan dijalankan.

5. Tim media, insya Allah dipimpin oleh Om Wakhid. Tim ini akan mengoordinir kelas OTM, web, dan media sosial ODOP. Semoga sukses semuanya.

Sedangkan posisi yag masih kosong adalah divisi fiksi, non fiksi, blogger, dan bendahara. Masih ada satu hari lagi untuk teman-teman yang berkenan bergabung menjadi pengurus. Bagi yang siap, masih sangat dipersilakan menjadi bagian dari perkembangan ODOP setahun ke depan. Langsung klik di sini ya

Untuk divisi fiksi dan non fiksi, misal sampai besok belum ada pendaftar, tidak masalah. Kita bisa tunggu hasil dari tim kurikulum, nanti pelaksanaan kegiatan kita bisa rekrut teman-teman lain lagi. Tanpa kedua tim tersebut, kita tetap bisa melangkah bersama. Lain halnya dengan tim blogger dan bendahara. Semoga ada yang dengan sukarela mendaftarkan diri, atau jika sampai pendaftaran ditutup tetap kosong, saya akan coba pastikan posisi ini terisi saat layar mulai bisa dikembangkan.

Bukan banyaknya pengurus yang terpenting, memang. Tapi apa yang bisa kita lakukan bersama, berapapun SDM yang ada. Semoga semua berjalan lancar, ya tetap harus maju dan berjalan.

Siapa lagi yang sudah menyatakan sanggup jadi pengurus tapi belum mendaftar? Yuk buruan... ditunggu hari ini ya....

2 comments:

Wakhid Syamsudin said...

Semangat Kasaki...

Sakif said...

Siap Om Suden #sungkem

Post a Comment

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Search This Blog

Powered by Blogger.
 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©